Udah lama banget belum ngeblog semenjak post tentang perjalanan aku ke Malaysia kemarin. Soalnya lagi riweuh ngurusin acara nikahan jadi belum sempat traveling lagi (cuti habis, duit juga sedang menipis TT).

Bulan kemarin kebetulan kami sekeluarga lagi main ke Bandung dan awalnya bingung mau tinggal di mana. Berhubung durasi stay kami lumayan lama, 4 hari 3 malam, maka kami pikir untuk tinggal di hotel sayang banget. Apalagi kami berlima, mau gak mau harus sewa 2 kamar dong. Kalau dihitung-hitung jatuhnya jadi lumayan mahal.

Demi menghemat pundi-pundi uang, jadilah aku mencoba menyewa apartemen di Airbnb. Bagi yang belum tahu, Airbnb itu merupakan sebuah platform atau marketplace yang memfasilitasi host (pemilik properti) untuk menyewakan propertinya (bisa berupa rumah atau apartemen). Sekarang ini banyak orang yang memilih investasi rumah/apartemen, dan daripada tidak digunakan, maka mereka memilih untuk menyewakannya di Airbnb.

Gimana cara booking di Airbnb?

  1. Buka website www.airbnb.com kemudian sign up (untuk user baru) atau log in (untuk yang sudah pernah mendaftar). FYI untuk booking itu kita harus terdaftar dulu sebagai member di Airbnb.
    Setelah itu akan muncul beberapa pilihan yang dapat kita isi sesuai keinginan. Pilih kota atau daerah mana yang menjadi destinasi perjalanan kita, kapan tanggal cek in & cek out, dan untuk berapa orang tamu.1
  2. Setelah itu akan muncul banyak pilihan rumah/apartemen. Kita juga dapat menambahkan filter agar hasil pencarian lebih spesifik, seperti jenis rumah, range harga, jumlah kamar atau tempat tidur, dan lain-lain.2
  3. Jika sudah menetapkan pilihan, kita tinggal book dan masuk ke proses pembayaran. Untuk pembayaran Airbnb adalah menggunakan kartu kredit, tidak bisa menggunakan kartu debit.Jangan lupa untuk mengubah mata uang/currency menjadi USD di pengaturan karena jika dalam Rupiah, kita tidak bisa lanjut ke proses pembayaran. Caranya klik foto profil kami di ujung kanan, buka pilihan Account Settings, lalu scroll ke bagian kanan bawah. Yang sebelah kiri adalah untuk mengubah jenis bahasa, yang sebelah kanan mengubah jenis mata uang.
    3
  4.  Setelah pembayaran selesai, kita akan menerima email yang berisi alamat lengkap dan no kontak pemilik properti tersebut. Nanti kita tinggal menghubungi mereka untuk menanyakan perihal cara cek-in/cek-out dan sebagainya.

Kemarin kami memilih properti apartemen di Parahyangan Residence Bandung. Harganya cukup affordable menurut saya, yaitu sekitar 400rb/malam untuk 1 apartemen dengan 2 kamar (1 double bed dan 2 single beds), dapur (ada kompor gas, rice cooker, wastafel, dispenser, dan beberapa peralatan masak sederhana), 1 kamar mandi, dan ruang tamu (ada sofa dan TV). Overall aku sangat puas dengan kamar yang aku booking kemarin.

Aku tidak menjamin semua kamar yang disewakan di Airbnb akan sebagus yang aku alami, karena semua tergantung pada host-nya masing-masing. Oleh karena itu, saat memilih properti yang kita tinggali, jangan lupa juga untuk mengecek fasilitas apa saja yang disediakan dan bagaimana review dari tamu sebelumnya.

Note: Penulisan artikel ini adalah murni berdasarkan pengalaman penulis sendiri dan penulis tidak menerima bayaran apapun dari Airbnb untuk tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *