Jadi akhirnya ini merupakan cerita hari terakhir main di Jepang nih. Kami pergi mengunjungi salah satu landmark populer di Jepang, yaitu Disneyland! Fyi, Disneyland di Jepang ini terbagi menjadi dua daerah, yaitu Disneyland dan Disneysea. Dari segi tingkat keekstriman permainannya, Disneysea lebih ekstrim dibandingkan Disneyland. Dan Disneysea ini merupakan satu-satunya Disneysea yang ada loh! Tetapi karena aku pribadi kurang menyukai permainan ekstrim (maklum adrenalinnya tidak tinggi-tinggi amet lol), jadi kita memutuskan untuk pergi ke Disneyland saja.

Menara bertuliskan Tokyo Disneyland menyambut kami di pintu masuk

Untuk harga tiket Disneyland ini adalah sebagai berikut:

• 1-Day Passport

• Junior (12-17 tahun) : ¥ 11,600

• Anak-anak (4-11 tahun) : ¥ 8,600

• Senior Passport (65 tahun) : ¥ 6,700

Untuk jam buka Disneyland adalah antara pukul 08.00 dan 08.30 dan tutup pada pukul 22.00. Jam bukanya bisa berbeda-beda tergantung tanggal, jadi pastikan kamu cek jam bukanya dulu di website sebelum ke sana : http://info.tokyodisneyresort.jp/en/calendar/201710.html#20171004

Jangan kaget, karena di Disneyland ini sepertinya menjadi ajang pameran boneka gantungan dan pernak-pernik Disney.

Tips utama adalah berangkatlah pagi-pagi agar tiba di Disneyland saat taman bermain dibuka. Kami tiba di sana sekitar pukul 8 lebih dan antrian masuknya sudah panjang. Setelah membeli tiket kami masuk ke dalam dan mencari spot berfoto di landmark kastil Disneyland terlebih dahulu karena suasana belum terlalu ramai. Jika kalian ingin berfoto dengan karakter Disney, seperti Mickey, Donald, dan kawan-kawan, kamu bisa ikut mengantri di lokasi yang ditentukan. Niat saya untuk berfoto dengan karakter Disney pupus seketika ketika melihat antriannya yang superr panjang.

Kastil Disneyland, spot foto wajib di Disneyland
Patung Walt Disney dengan Mickey Mouse, karakter Disney pertama yang diciptakan
1494472187163
Kastil Disneyland yang terlihat lebih megah dilihat dari dekat

Oh ya, salah satu hal yang harus diperhatikan ketika bermain di Disneyland adalah pengambilan fast-pass. Jadi fast-pass ticket ini merupakan tiket yang dapat kita gunakan untuk mempercepat antrian kita di beberapa permainan. Tetapi jumlahnya terbatas untuk rentang waktu tertentu dan kita hanya bisa mengambil fast-pass sekali dalam dua jam. Jadi misalkan pada pukul 09.30 kita mengambil fast-pass untuk permainan Haunted Mansion untuk pukul 14.30-15.30 artinya kita dapat jalur antrian lebih cepat (kalau di Dufan seperti antrian VIP begitu) pada waktu yang ditentukan dan kita baru dapat mengambil kembali fast-pass untuk permainan lain pada pukul 11.30.

Hayoo, ada yang ingat karakter ini muncul di film apa?

Usahakanlah mengambil fast-pass untuk beberapa permainan yang populer dan ramai untuk menghemat waktu mengantri. Untuk permainan dengan antrian panjang dapat memakan waktu hingga hampir 2 jam loh. Salah satunya adalah permainan Monster’s Inc. Ride & Go Seek. Kami menghabiskan waktu hampir 2 jam hanya untuk mengantri. Antrinya 2 jam, mainnya tidak sampai 15 menit. Tapi untuk permainannya sangat menarik menurut saya. Salah satu permainan terfavorit saya di Disneyland adalah Haunted Mansion. Tempat ini benar-benar dikemas dengan sangat kreatif dan terdapat hologram-hologram hantu seperti di film Harry Potter.

Pintu masuk Haunted Mansion

Jangan lupa untuk mengecek deskripsi permainan sebelum mengantri. Kesalahan terbesar saya di sana adalah tergoda dengan permainan Stitch tanpa membaca deskripsinya terlebih dahulu. Siapa sangka setelah mengantri sekitar hampir 1 jam, ternyata permainan tersebut adalah permainan interaksi dalam Bahasa Jepang! Kebayang kan, saya bengong sepanjang permainan berlangsung.

Pemandangan yang diambil dari atas kapal

Selain atraksi permainan, jangan lupa juga untuk mencatat jam parade ya, karena parade di Disneyland itu sangat sangat bagus sekalii. Bahkan orang-orang di sana sudah menggelar alas kain atau membawa kursi kecil untuk menunggu parade dari 1 jam sebelumnya. Sebagian besarnya bukan anak-anak loh, melainkan orang dewasa. Karena kami pergi ke sana di awal bulan Mei, tema dari paradenya adalah tentang paskah. Karakter yang ditampilkan adalah Usatama (Usa- dari usagi: kelinci dan Tama- dari tamago: telur). Untuk bulan Oktober ini sepertinya paradenya akan mengusung tema Halloween. Parade di malam hari juga jangan sampai terlewatkan. Kereta parade dipasang dengan lampu-lampu sesuai dengan bentuk keretanya.

Orang-orang yang duduk rapi menunggu parade
Salah satu kereta parade “Usatama”
Salah satu karakter parade (ceritanya Usatama sedang di salon)

Jika ingin menyantap makan siang di Disneyland, tersedia beberapa restoran. Tetapi untuk yang ingin menghemat biaya bisa membawa makanan dan minuman sendiri loh. Di sana disediakan picnic area untuk orang-orang yang membawa makanan sendiri. Karena harga makanan di sana lumayan mahal, jadi kami membawa makanan sendiri, yaitu onigiri. Tapi ada daya onigiri tersebut tidak mampu menahan rasa lapar kami (padahal belinya uda banyak) jadi kami memutuskan untuk berburu jajanan di sana. Yang menarik perhatian kami adalah Smoked Turkey Leg. Satu drumstick atau paha turkey yang besar disajikan dengan cara diasap. Rasanya cukup enak dan ukurannya sangat besar, sekitar 3x ukuran paha ayam KF* sepertinya.

Smoked Turkey Leg

Jika beruntung, kalian dapat menyaksikan puncak acara di Disneyland, yaitu kembang api! Sayang sekali pada hari kunjungan kami, cuaca sangat berangin sehingga karena alasan keamanan, pertunjukan kembang api dibatalkan. Sekian akhir perjalanan saya ke Jepang, semoga kalian menikmatinya ya!

See you~

Kereta parade di malam hari, dihiasi dengan lampu-lampu