Nah karena sekarang sudah dapat apartemen barunya, saatnya untuk siapin pindahan. Eh tapi gimana ya cara pindahannya di Jepang? Kalau di Indonesia tinggal cari kenalan yang punya mobil pick-up atau truk terus nawar sehari berapa langsung deal. Kalau di Jepang gimana ya caranya pindahan? Punya mobil aja susah karena pajaknya yang mahal, belum lagi harga parkiran mobil yang mahal karena keterbatasan lahan. Jadi di Jepang ada perusahaan-perusahaan yang khusus bergerak di bidang jasa pindahan. Loh sampai khusus gitu, bukannya tinggal angkut-angkut aja? Nah di sini aku akan jelasin segimana “special-nya” perusahaan jasa pindahan di Jepang. Perusahaan jasa pindahan (hikkoshi kaisha) di Jepang bukanlah sembarang perusahaan. Mereka memiliki prosedur lengkap dan teratur dalam mengurus pindahan rumah.

9

1. Penentuan harga tidak dilakukan via telepon/online
Salah satu staff mereka akan datang langsung ke rumah untuk men-survey berapa banyak barang yang akan dipindahkan. Untuk barang-barang kecil mereka akan memberikan beberapa dus sesuai permintaan kita atau berdasarkan perkiraan mereka. Setelah itu, mereka akan menghitung dan memberikan penawaran harga. Tips dari aku, coba nego dulu harganya. Sebagian besar harganya masih bisa dinego turun jadi jangan malu-malu. Staff ini juga biasanya menanyakan apakah ada perusahaan lain yang sudah memberikan harga dan berapa harga yang diberikan.

pt5-3

2. Jenis layanan
Secara umum, ada yang menawarkan layanan hanya membantu mengangkut barang di hari-H dan ada juga yang menawarkan layanan membantu proses pengepakan barang di rumah lama dan penyusunan barang di rumah baru (untuk barang-barang kecil). Jadi jangan lupa untuk menanyakan harga yang kalian terima itu sudah mencakup layanan apa saja.

3. Keamanan barang dan rumah
Perusahaan pindahan berusaha keras untuk mencegah terjadinya kerusakan pada saat proses pindahan. Karena jika terjadi kerusakan tentunya perusahaan mereka yang harus bertanggung jawab atas biaya perbaikannya. Cara pencegahannya gimana aja? Mereka akan melapisi semua dinding dengan karton plastik tebal di jalur utama pemindahan barang, baik di kamar apartemen, lorong apartemen, sampai di lift apartemen. Bagian lantainya juga dilapisi agar tidak lecet saat proses pemindahan barang. Untuk barang-barang besar yang tidak bisa dimasukkan ke dus dan berpotensi lecet akan dibungkus dengan menggunakan kain khusus.

Husband Birthday Card (1)
Contoh paket pindahan

Pengalaman memilih jasa pindahan di Tokyo
Perusahaan jasa pindahan di Jepang sangatlah banyak. Berhubung kita baru pertama kali pindahan di sini, jadi masih belum tahu perusahaan mana yang bagus dan murah. Setelah tanya ke teman, direkomendasikan untuk cari di website Rakuraku Moving ini. Jadi website ini sejenis “marketplace” bagi perusahaan jasa pindahan. Kita tinggal masukin data alamat, tanggal pindahan, jumlah orang, dan barang-barang yang akan diangkut. Dalam beberapa hari, perusahaan-perusahaan akan langsung menghubungi kita untuk janjian datang survey ke rumah. Kemarin sampai ada 6 perusahaan yang menghubungi sampai kami sendiri kelabakan ngatur janji survey-nya.

Raku raku

Untuk harga jasa pindahan ini sangat sangat tergantung pada waktu pindahan. Jika kalian pindahan di masa-masa peak season, yaitu di sekitar bulan Januari – April, maka harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Karena di peak season itu banyak orang-orang yang mau pindahan juga sehingga demand naik. Ibarat jualan masker, ketika banyak yang cari harganya naik jauh. Ketika uda gak ada yang cari, harganya mulai turun. Pindahan di akhir minggu terutama di Sabtu pagi juga harganya cenderung lebih mahal sedikit. Nah poin ini bisa kalian ingat ketika nego harga. Jika harga yang ditawarkan terlalu mahal, coba tanggal dan waktunya diganti, siapa tahu bisa lebih murah. Banyaknya jumlah barang dan apakah di apartemen terdapat lift atau tidak juga mempengaruhi harganya loh. Bandingkan saja mereka mengangkut kulkas ke lantai 3 di bangunan yang memiliki lift dan bangunan yang tidak memiliki lift. Tentu saja yang gak ada lift lebih butuh tenaga lebih.

Kemarin itu kebetulan kami pindahan di masa peak season dan milih akhir minggu karena suami gak bisa ambil cuti kalau pindahan di hari biasa. Jadi harganya mahal banget. Dari 6 perusahaan yang datang, harga paling mahalnya sampai di atas 10 man. Kalau dirupiahin berarti sekitar 13 juta lebih. Udah lebih mahal dari uang sewa apartemennya sebulan. Terus paling murahnya mentok di harga 4 man, yaitu sekitar 5 jutaan rupiah. Kalau ada yang penasaran, perusahan yang kasih harga termurah ituサカイ引越センタ(Sakai Hikkoshi Center). Mereka memberikan harga yang tidak terlalu mahal di awal. Tidak seperti beberapa perusahaan lain yang langsung nembak harga berbelas-belas man di awal, bikin kaget duluan. Selain itu staff-nya juga memberikan servis beras 1 kg gratis dan majalah katalog layanan lengkap. Atau apakah servis bagus itu karena mereka tidak bisa datang di waktu janjian sebelumnya ya? Jadi seharusnya mereka datang di tanggal 10, tapi karena suatu hal jadinya mereka minta diundur jadi tanggal 12.

Oke kembali lagi ke topik semula, sebenarnya jarak pindahan dari apartemen lama ke apartemen baru gak terlalu jauh. Jadi rasanya agak sayang keluar uang segitu. Kalau kalian punya teman yang bisa bantu nyetir mobil, mending sewa mobil sendiri kalau barangnya gak terlalu banyak. Harganya akan jauh lebih murah. Kebetulan kami gak punya teman yang bisa nyetir di sini. Suami bisa nyetir tapi gak punya SIM Jepang (SIM Jepang ketat banget cara buat dapetinnya).

JPT

Akhirnya kami coba cari-cari di grup Facebook, siapa tau ada yang punya kenalan jasa pindahan yang lebih murah. Akhirnya nemu jasa pindahan dari orang Indonesia, nama Facebook-nya Jasa Pindahan Tokyo (Pak Agus). Prosedurnya tentu lebih casual dibandingkan dengan perusahaan Jepang tadi. Kami tinggal mengirimkan foto barang-barang beserta ukurannya via message di FB, lokasi pindahan, dan tanggalnya. Kami diberi harga 2 man atau sekitar 3 jutaan ya. Lumayan bisa hemat 2 jutaan jadinya. Tapi dengan Jasa Pindahan Tokyo ini kami cuma minta diangkutin barang-barang besar, seperti kasur, kulkas, mesin cuci, lemari, dan meja-kursi. Untuk barang kecil yang bisa dimasukkan ke dus kami cicil angkut sendiri karena jaraknya tidak terlalu jauh. Untuk dus-nya suami minta ke supermarket dan toko 100 yen. Mereka akan dengan senang hati memberikannya secara  gratis, jadi gak usah bayar mahal untuk beli dus lagi. Oh ya, sistem pindahannya jangan dibayangkan seperti perusahaan Jepang ya, kita pakai sistem pindahan di Indonesia aja. Barang langsung angkut ke atas mobil pick-up dan diikat tali. Selain itu gak ada yang namanya dinding dan lantai dilapis-lapisin. Tapi Pak Agus luar biasa loh, gak usah takut rumah atau barang kalian lecet karena kerjanya bagus dan teliti. Terima kasih Pak Agus udah kasih harga murah dan bantu kami pindahan.

WhatsApp Image 2020-06-10 at 15.27.08 (1)
Hari pindahan

Sekian pengalaman pencarian perusahaan jasa pindahan kami. Buat yang ingin tau lebih jelas cara pindahan orang Jepang, kalian boleh coba cari di Youtube. Banyak Youtuber yang sudah bekerja sama dengan perusahaan pindahan untuk meliput proses pindahan di hari-H, tinggal search aja Japanese Moving Company. Salah satu contohnya bisa kalian tonton di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *