Beberapa kriteria utama dalam memilih apartemen

Pada saat memilih apartemen, tentunya kalian memiliki beberapa kriteria untuk tempat tinggal. Ingin tinggal di apartemen di lantai bawah atau ingin apartemen yang luas. Kriteria ini juga mempengaruhi harga sewa apartemen loh. Berikut beberapa istilah kriteria utama yang dapat kalian gunakan ketika memilih apartemen.

駅徒歩 (Eki toho/Walking distance from station)

Eki toho menunjukkan seberapa jauh jarak berjalan kaki dari stasiun. Pada detail properti akan dicantumkan apa nama line kereta dan stasiun terdekat dari apartemen tersebut, beserta berapa lama jarak tempuh dari stasiun.

間取り (Madori/Floor Plan)

Madori ini adalah denah apartemen. Di Jepang, tipe madori biasanya dituliskan dengan 1 angka di awal dan diikuti beberapa alfabet. Angka di awal menunjukkan berapa jumlah ruangan (yang dapat dijadikan kamar tidur) dalam apartemen tersebut. Sedangkan untuk alfabetnya memiliki arti: K untuk Kitchen (dapur), D untuk Dining (ruang makan), L untuk Living (ruang tamu), dan S untuk Storage (ruangan ekstra untuk penyimpanan). Selain itu ada juga istilah 1R (ワンルーム/One Room) yang berarti dapur dan kamar digabung menjadi 1 ruangan. Misalkan kalian melihat madori 2LDK, artinya apartemen tersebut memiliki 2 ruangan kamar kosong dan 1 ruangan Living+Dining+Kitchen.

向き (Muki/Direction)

Muki artinya arah mata angin, merupakan salah satu faktor yang cukup diperhatikan ketika mencari apartemen. Arah yang paling bagus adalah arah Minami (selatan), karena mendapat cukup sinar matahari di setiap musim dan tidak terlalu panas ketika musim panas. Arah yang kurang bagus adalah arah Kita (Utara) karena cenderung kurang terpapar sinar matahari. Untuk arah mata angin ini ditentukan dari lokasi balkoni. Jadi jika tertulis muki menghadap minami, berarti balkoni-nya yang menghadap minami, bukan pintu masuknya.

築年数 (Chikunensuu/Age of Building)

Untuk umur bangunan, sebaiknya pilih bangunan yang dibangun setelah tahun 1981. Karena pada tahun tersebut terdapat beberapa perubahan peraturan terkait pembangunan bangunan. Sehingga bangunan yang dibangun setelah tahun 1981 diharapkan lebih aman.

専有面積 (Menseki/Room Size)

Luas ruangan ini tergantung pada selera masing-masing orang. Apakah kalian ingin mencari apartemen yang kecil atau yang luas. Untuk pasangan yang berencana memiliki anak, saya sarankan untuk mencari apartemen dengan luas di atas 30m2.

階 (Kai/Floor)

Jika masih kuat untuk naik tangga, usahakan kalian memilih apartemen yang terletak di lantai 2 ke atas. Dari pengalaman saya yang tinggal di lantai 1, lantai 1 cenderung lebih lembab sehingga di musim panas kalian harus bersiap-siap untuk berperang dengan jamur. Belum lagi kadang ada pasukan serangga (seperti kecoa) yang diam-diam mengintai.

建物種別 (Tatemono shubetsu/Building Type)

Tipe bangunan yang disewakan biasanya ada 3 jenis, yaitu Apato, Mansion, dan Rumah (1 bangunan). Apato biasanya berupa bangunan 2 lantai yang dibangun menggunakan bahan kayu atau baja ringan. Sedangkan mansion biasanya berupa bangunan dengan jumlah lantai minimal 3 lantai dan menggunakan bahan konkrit dan baja. Ada juga yang menyewakan 1 bangunan rumah.

洋室 (Youshitsu/Western-style room) dan 和室 (Washitsu/Japanese-style room)

Youshitsu adalah ruangan dengan lantai kayu, sedangkan washitsu adalah ruangan dengan lantai tatami. Ada apartemen yang terdiri dari kamar youshitsu dan washitsu, ada juga yang semua kamarnya tipe youshitsu.

帖 (Jou/Unit used for the room size)

Ketika melihat madori suatu apartemen, kalian akan menemukan tulisan seperti 洋室6帖. Jou digunakan sebagai satuan untuk mengukur luas ruangan. Jou ini berasal dari ukuran luas 1 tatami. Jika dikonversi, 1 jou itu setara dengan 1.65m2. Jadi jika tertulis luas ruangan 6帖, berarti tinggal 6 dikali 1.65 dan hasilnya 9.9m2.

外国籍 (Gaikoku seki/Foreign nationality)

Sebagai warga negara asing yang tinggal di Jepang, sebaiknya kalian meminta Fudousan-ya untuk memastikan ke owner terlebih dahulu apakah apartemen tersebut boleh disewakan ke 外人(Gaijin/orang asing) serta sebutkan juga warga negara kalian. Sebagian besar owner (terutama owner yang sudah berumur) tidak mengizinkan orang asing untuk tinggal di apartemennya karena masalah perbedaan budaya dan bahasa. Pengalaman saya kemarin mencari apartemen, hampir 80% owner menolak ketika disebutkan Gaijin. Padahal dari harga dan spesifikasi semua udah oke banget, tapi ketika dikonfirmasi ternyata Gaijin dame (orang asing tidak boleh), sedih banget 🙁

Sekian beberapa istilah mengenai kriteria utama dalam mencari apartemen di Jepang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi orang-orang yang kurang mengerti istilah-istilah tersebut. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *