Agen apartemen dan jenis biaya yang perlu disiapkan

Ketika mau pindahan di Jepang, kalian pasti pusing melihat berbagai istilah baru yang terdapat pada katalog apartemen. Nah di blog kali ini, saya akan menjelaskan beberapa keyword yang berkaitan erat dengan biaya penyewaan apartemen beserta penjelasannya.

不動産屋 (Fudousan-ya/Real Estate Agency)

Urusan penyewaan apartemen di Tokyo dilakukan dengan bantuan Fudousan-ya atau agen real estate. Owner akan meminta bantuan Fudousanya untuk menawarkan properti miliknya kepada klien. Oleh karena itu, jika ingin mencari apartemen, pergilah ke Fudousan-ya atau bisa melakukan pencarian terlebih dahulu di website Suumo lalu menghubungi Fudousan-ya. Berdasarkan pengalaman mencari apartemen kemarin, terdapat 2 jenis Fudousan-ya.

Contoh Katalog Apartemen

Yang pertama adalah Fudousan-ya yang mengurus properti langsung dari owner. Tipe pertama ini biasanya Fudousan-ya yang sudah berdiri sejak lama dan telah memiliki nama. Sedangkan yang kedua adalah Fudousan-ya yang berperan seperti “calo” dari Fudousan-ya pertama tadi. Karena mereka tidak mengurus properti secara langsung, mereka akan berkoordinasi dan meminta persetujuan dari Fudousan-ya pertama mengenai penawaran apartemen kepada klien. Tipe kedua ini biasanya Fudousan-ya kecil yang masih baru berdiri. Dari segi pembayaran biaya agen, klien dikenakan biaya yang sama (tidak ada penambahan biaya walaupun kita menggunakan Fudousan-ya tipe kedua). Mungkin di antara mereka telah ada perjanjian komisi atau bagaimana sehingga bisnis seperti itu dapat dilakukan.

Contoh Toko Fudousan
賃料 (Chinryou/Rent)

Chinryou adalah biaya penyewaan apartemen per bulan. Jika kalian ingin pindah di pertengahan bulan, maka umumnya kalian harus membayar biaya harian penyewaan apartemen sesuai sisa hari di bulan tersebut, ditambah biaya penyewaan apartemen untuk bulan depannya. Misalkan kalian ingin pindah tanggal 15 Maret, maka di awal kalian harus membayar biaya sewa 17 hari + biaya sewa 1 bulan (April).

管理費・共益費 (Kanrihi・Kyouekihi/Administrative or Management・Common Service Fee)

Biaya ini merupakan biaya manajemen untuk perawatan fasilitas umum di area apartemen tersebut. Tidak semua apartemen meminta bayaran untuk biaya manajemen ini. Hampir sebagian besar apartemen yang menerapkan biaya ini adalah apartemen besar, yang memiliki banyak bagian fasilitas umum, seperti lift, lorong, parkiran, dan sebagainya.

敷金 (Shikikin/Security Deposit)

Shikikin merupakan uang deposit yang dibayar di awal, umumnya sekitar 1x uang sewa. Tapi ada juga apartemen yang mengenakan biaya shikikin sebanyak 2x uang sewa. Shikikin ini akan digunakan oleh owner untuk membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi ketika kalian pindah nanti. Jika setelah dipotong biaya tersebut dan masih ada sisa uang shikikin, maka sisa uang tersebut akan dikembalikan.

礼金 (Reikin/Key Money)

Reikin merupakan uang “terima kasih” yang diberikan kepada owner, dibayarkan di awal dan umumnya sekitar 1x uang sewa. Uang ini tidak akan dikembalikan sama sekali ketika pindahan. Untuk reikin ini tergantung pada owner, ada yang tidak perlu membayar reikin (礼金なし/Reikin nashi) tapi ada juga yang biaya reikin-nya 2x uang sewa.

仲介手数料 (Chuukai tesuuryou/Brokerage Commission)

Biaya ini merupakan biaya yang kalian bayar kepada Fudousan-ya sebagai komisi karena telah membantu mencarikan rumah. Untuk biaya ini bervariasi tergantung kebijakan masing-masing fudousan-ya. Maksimal biaya chuukai tesuuryou ini adalah 1x uang sewa ditambah pajak 10% (1.1x uang sewa). Kebanyakan fudousan-ya menetapkan biaya 1.1x uang sewa untuk chuukai tesuuryou ini.

保証会社利用料 (Hoshougaisha riyouryou/Guarantor Company Fee)

Untuk menyewa apartemen, owner biasanya mewajibkan kalian untuk memiliki penjamin (guarantor) terlebih dahulu. Jadi kalau suatu saat kalian tidak sanggup membayar sewa atau ada kerusakan parah yang terjadi, maka guarantor inilah yang akan ditagih pembayaran tersebut. Jika kalian statusnya bekerja, maka biasanya dari perusahaan yang akan mengurus masalah guarantor ini. Untuk pelajar, coba cari informasi dari kampus mengenai masalah guarantor. Bagi kalian yang tidak dalam status bekerja atau pelajar, maka kalian perlu guarantor dari warga negara Jepang atau ada juga perusahaan guarantor (Guarantor Company). Apabila menggunakan guarantor company, kalian harus membayar mereka (biaya bervariasi).

火災保険料 (Kasai hokenryou/Fire Insurance)

Ini merupakan premi asuransi jika terjadi kebakaran. Biayanya sekitar ¥20,000 per 2 tahun. Setelah 2 tahun, kalian perlu membayar ¥20,000 lagi untuk pembaharuan kontrak.

鍵交換料 (Kagi koukanryou/Key Exchange Fee)

Biasanya di setiap pergantian orang baru, kunci pintu di apartemen akan diganti oleh owner. Biayanya di kisaran ¥16,000 – ¥25,000.

24Hサポート料 (24H Sapotto-ryou/24H Support Fee)

Biaya ini merupakan biaya untuk 24 hours support, artinya kalian mendapat dukungan penuh 24 jam. Jadi misalnya jika malam-malam terjadi kerusakan pada air, kalian bisa telepon untuk meminta perbaikan. Tidak semua owner menetapkan biaya ini. Biayanya sendiri sekitar ¥16,500.

内見する (Naiken-suru/Visit)

Jika kalian sudah menemukan apartemen yang cocok di Fudousan-ya, dari mereka biasanya akan menawarkan untuk naiken-suru atau mengunjungi unit apartemen tersebut. Jika jaraknya jauh, kalian akan diantarkan dengan menggunakan mobil.

申込書 (Moushikomisho/Application Form)

Jika kalian sudah menetapkan hati untuk menyewa sebuah apartemen, kalian perlu meminta form moushikomisho untuk mendaftarkan diri kalian sebagai orang yang akan menyewa apartemen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *