Selain menentukan kriteria rumah baru, tentunya waktu pindahan juga perlu dipertimbangkan. Kapankah waktu untuk pindahan yang tepat? Apakah di awal, tengah, atau akhir tahun? Bagi orang Jepang, bulan April merupakan bulan transisi di sini. Di bulan ini, tahun ajaran baru di sekolah dan periode masuknya karyawan baru dimulai. Oleh karena itu, bulan Januari – April menjadi musim pindahan bagi kebanyakan orang Jepang. Buat kalian yang ingin berencana ingin pindahan, apakah pindahan di masa transisi itu merupakan hal tepat

7

Sisi Plus

Pada awal tahun karena banyak orang yang ingin pindahan, maka pilihan apartemen yang tersedia juga lebih banyak karena banyak yang keluar dari rumah lama. Selain itu hampir beberapa hari sekali muncul pilihan yang baru. Kami sendiri banyak menggunakan situs Suumo untuk mengecek apartemen-apartemen yang tersedia. Dengan menggunakan Suumo, kami dapat memasukkan kriteria rumah yang kami inginkan beserta daerahnya. Kalau ada yang cocok, bisa langsung nomor telepon Fudousan yang tercantum pada properti tersebut. Hampir tiap hari kami buka dan cari-cari apartemen di Suumo. Kalau ada yang cocok kami tandai dulu. Kalau hari ini ada yang kurang cocok, besok coba cari lagi karena update-an apartemen baru yang sangat cepat di masa pindahan ini.

8

Selain dari segi banyaknya list apartemen yang tersedia, nilai plus lainnya adalah layanan pemindahan alamat baru di city hall juga dapat diurus di akhir minggu. Tapi kembali lagi, hal ini mungkin tergantung kebijakan city hall masing-masing daerah. Ada city hall yang biasanya tetap buka di akhir minggu untuk melayani pindahan dan ada juga yang tidak. Kebetulan untuk daerah kami, petugasnya kerja di hari Minggu tapi untuk proses pencetakan alamat baru pada Zairyuu Card tidak dapat dilakukan di hari Minggu, melainkan baru bisa diproses di keesokan harinya. Kebetulan di musim pindahan kemarin, selama 3 minggu mereka melayani proses pencetakan alamat baru di hari yang sama. Jadi cukup sekali ke city hall-nya, enggak usah balik lagi ke sana besoknya. Jadi pastikan informasi ini dengan city hall di daerah masing-masing. Jangan lupa untuk melaporkan pemindahan ini maksimal 14 hari setelah kalian menempati alamat baru.

Sisi Minus

Dari sisi plus di atas disebutkan bahwa perputaran apartemen itu sangat cepat dan banyak. Tapi ingat kembali, banyak yang pindah keluar tentunya mereka juga mencari rumah baru dong. Semua orang tentunya menginginkan rumah baru yang bagus dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, apartemen bagus akan lebih laku dan cepat disambar orang-orang. Begitu nemu apartemen yang oke, jangan galau terlalu lama. Telat 1-2 hari saja bisa diambil oleh orang lain dan yang tersisa hanyalah penyesalan.

Di Jepang kebanyakan orang-orang menggunakan jasa Hikkoshi kaisha/moving company untuk membantu proses pindahannya. Untuk penjelasan mengenai jasa ini akan aku bahas di artikel-artikel berikutnya. Untuk jasa pindahan ini, mereka tidak mematok harga tetap. Pertama, mereka perlu untuk datang ke rumah kita dan men-survey jumlah barang yang kita miliki kemudian menghitungnya. Harga yang diberikan tiap perusahaan sangat bervariasi. Pada musim pindahan, harganya akan naik jauh dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini jujur diakui oleh para petugas perusahaan pindahan ini ketika berkunjung ke rumah kami. Karena permintaan yang meningkat, maka harga juga meningkat. Apalagi untuk pindahan di akhir minggu, jumlah peminatnya sangat banyak sehingga harganya akan lebih mahal juga.

9

Berikut aku rangkum poin plus-minus dari pindahan di masa bulan Januari – April:

Sisi Plus:

  • Pilihan 物件 (Bukken/Properti) yang banyak
  • Karena pergerakan cepat, maka banyak properti baru yang di-update terus
  • Ada city hall (kuyakusho) yang membuka layanan pengurusan pemindahan alamat baru di akhir minggu

Sisi Minus:

  • Jumlah orang yang ingin pindah banyak sehingga properti bagus cepat diambil orang lain
  • Harga dari 引っ越し会社 (Hikkoshi kaisha/Moving Company) akan jauh lebih mahal dibanding bulan-bulan lain

Jika ditanya kalau begitu kapan waktu pindahan yang pas ya? Semuanya tergantung pada diri kalian masing-masing. Ketika musim pindahan tentunya pilihan apartemen lebih banyak dan bervariasi, tetapi untuk biaya jasa pindahan tentunya akan mahal pula. Tapi untuk jasa pindahan ini dapat disiasati seperti yang kami lakukan pada saat pindahan kemarin. Penasaran? Ikuti terus artikel edisi pindahan ini ya. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *