Siapa di sini yang merupakan pecinta ayam KFC? KFC atau Kentucky Fried Chicken tentunya merupakan brand makanan yang sangat tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Lezatnya perpaduan ayam goreng dengan nasi hangat serta sambal yang boleh diambil sepuasnya merupakan daya tarik KFC di Indonesia.

(Source: KFC Facebook)
Fun Facts about KFC in Japan

Antara KFC di Indonesia dan KFC di Jepang terdapat perbedaan yang cukup cukup signifikan loh. Apa aja ya kira-kira perbedaannya?

  • KFC Jepang tidak menjual nasi
    Jangan harap kalian bisa menemukan paket ayam + nasi di KFC Jepang karena mereka sama sekali tidak menjual menu “nasi”. Sebagai negara dengan makanan pokok nasi tidak membuat KFC Jepang menjual nasi ternyata! Mungkin karena image KFC itu merupakan junk food yang umumnya dimakan bersama kentang goreng atau burger. Padahal ayam KFC itu paling enak dimakan bareng nasi hanget ya.
  • Tidak ada konter saos tomat & sambel
    Entah kenapa di KFC Jepang ini tidak memiliki konter untuk mengambil saos tomat & sambel seperti di Indonesia. Di Indonesia kita bisa ambil saos sepuasnya, bahkan 1 piring itu isinya bisa saos semua. Di Jepang, mereka hanya menyediakan saos tomat (tidak ada sambel) dan itu juga dikasih kalau kita minta pada saat memesan. Kalau gak minta, ya gak dikasih. Kalau mau minta saos tomat kalian bisa bilang トマトソースをお願いします (Tomatosousu o onegaishimasu / Tomato sauce please).
  • Jarang ada yang makan KFC pakai tangan
    Loh kalau gak pakai tangan, pakai apa dong? Jadi di KFC Jepang biasanya mereka memberikan banyak tisu ketika kita pesan KFC. Nah orang Jepang akan menggunakan tisu itu untuk memegang ayam gorengnya. Padahal makan langsung pakai tangan lebih lezat ya.
  • Habis makan, beresin sendiri
    Nah kalau poin ini juga sebenarnya udah mulai diusahakan di Indonesia ya. Kalau di KFC Jepang, di bagian dine-in sama sekali gak ada staf yang keliling-keliling. Jadi setiap orang setelah makan itu langsung beresin tray (ada tempat untuk membereskan tray), buang sampah, dan membersihkan meja jika kotor.
  • Hari Natal identik dengan KFC
    Orang Jepang merayakan hari Natal dengan makan kue, beli kado, dan beli KFC. Jadi gak aneh kalau di hari Natal kalian melihat antrian panjang di KFC. Bahkan dari sebulan sebelumnya buat yang ingin pesan buat hari Natal udah bisa mulai pesan/booking dulu.
    (Source: KFC Facebook)
(Source: KFC Facebook)

Ketika pergi ke restoran KFC tentunya kalian memiliki favorit bagian ayam yang selalu dibeli. Kalau untuk aku biasanya bagian paha atas dan paha bawah karena bagian itu biasanya dagingnya juicy dan tidak berserat seperti daging dada. Favorit kalian apa di KFC?

Cara Pilih Bagian Ayam di KFC Jepang

Awal-awal ke Jepang itu aku gak tau gimana cara request bagian ayam tertentu saat beli ayam di KFC sini. Suami juga ikut penasaran lalu coba nanya ke om Gogel dan akhirnya nemu!

Jadi setelah kalian pilih menu yang kalian inginkan, tanya ke kasirnya seperti ini:
部位は選べますか?
(Bui wa erabemasu ka?)

(Can I choose the parts?)

Bisa request atau enggak itu tergantung hoki juga. Kadang ada yang mengizinkan kalian untuk pilih, kadang ada juga yang gak boleh (berdasarkan pengalaman pribadi). Kalau boleh pilih, mereka akan nampilin foto bagian-bagian ayamnya terus kalian tinggal tunjuk. Tapi pernah juga gak dikasi lihat fotonya. Kalau kayak gitu, kalian harus tahu nama-nama bagian ayamnya ya.
Dada (bagian dekat rusuk): リブ (Ribu / Rib)
Dada (yang ada tulang rawan aja): キール (Kīru / Keel)
Paha atas: サイ (Sai / Thigh)
Paha bawah: ドラム (Doramu / Drum)
Sayap: ウイング (Uingu / Wing)

Tapi biasanya kalian gak bisa pilih pengennya bagian dada semua. Misalnya kalian beli 2 pcs ayam KFC, kalian gak bisa minta dua-duanya pengen yang dada. Biasanya harus ada kombinasi 1 bagian yang besar (seperti dada atau paha atas) dan 1 bagian yang kecil (seperti paha bawah atau sayap). Jadi kalau beli 2 pcs ayam, aku biasanya minta 1 paha atas dan 1 paha bawah. Ingat ya, request seperti ini benar-benar tergantung tokonya dan kasirnya. Ada yang ngebolehin, tapi ada juga yang gak boleh. 

Semoga post ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat ya 🙂 B

(Source: KFC Facebook)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *