Beberapa minggu lalu si koko mendapat undangan dari ex-manager nya untuk dinner bareng di Yokohama. Dari rumah ke Yokohama itu cukup jauh, hampir 1 jam naik kereta, jadi daripada jauh-jauh hanya untuk dinner kita pun memutuskan berangkat dari siang biar main dulu di Yokohama. Yokohama ini disebut-sebut sebagai saingannya Tokyo loh. Kalau Tokyo lebih ke nuansa perkotaan, Yokohama ini lebih ke nuansa wisata.

Kita turun di stasiun Minato Mirai, satu stasiun sebelum Yokohama. Naik kereta Fukutoshin Line dari stasiun Shinjuku-sanchome dengan biaya sekitar ¥620. Ada apa sih di Minato Mirai, kenapa turunnya di sini? Berikut beberapa destinasi yang bisa kalian kunjungi:

  • Cosmo World Amusement Park

Begitu keluar dari stasiun via mal Queen’s Square, kami langsung disuguhkan pemandangan menakjubkan, yaitu Cosmo 21 Ferris Wheel. Bianglala raksasa dengan ketinggian sekitar 112 m ini dulunya pernah memegang rekor sebagai bianglala tertinggi di dunia loh. Bianglala ini terletak di dalam Cosmo World Amusement Park. Taman bermain ini free-entry, artinya kita tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalam. Kita hanya membeli tiket ketika kita ingin bermain di wahana permainan yang kita inginkan.

Selain bianglala raksasa, ada juga diving coaster vanish atau underwater roller coaster. Jadi setelah berputar di atas, roller coaster akan meluncur turun ke sebuah terowongan bawah air. Buat yang penasaran bisa cek mbah google seperti apa permainannya. Kemarin aku cuma lihat-lihat dan gak main di taman bermain ini sih, secara anaknya penakut gak suka mainan ekstrim begitu. Di seberang Cosmo World Amusement Park ini terletak Cup Noodles Museum, iya mie gelas juga ada museumnya loh di sini. Nanti aku bahas di akhir ya untuk museum ini.

© Christian Kober
  • Shinko Circle Walk

Dari Cosmo World Amusement Park menuju ke Yokohama Red Brick Warehouse aku melewati sebuah jembatan penyeberangan yang sangat unik. Namanya Shinko Circle Walk, ini adalah jembatan penyeberangan yang bentuknya melingkar. Sepertinya agak susah dibayangkan ya, ini aku kasih lihat foto yang aku ambil dari google (karena susah foto bentuk melingkarnya).

© wikimapia
  • Yokohama Red Brick Warehouse

Tujuan pertama aku di Minato Mirai adalah pengen ice-skating! Jadi di daerah Red Brick Warehouse ini sering ada event-event loh, pas summer biasanya sering ada Pikachu Outbreak (pawai Pikachu-Pikachu besar yang lucu banget, pernah diceritain di blog juga di sini). Kebetulan kemarin itu lagi dibuka permainan ice-skating. Udah semangat 45 mau main ice-skating ehh ternyata penuh banget dong gelanggang ice-skating-nya, karena hari Minggu mungkin jadi banyak orangtua bawa anak-anak main ke sana.

Batal main ice-skating, aku keliling aja di Red Brick Warehouse. Red Brick Warehouse ini ternyata dulunya digunakan sebagai depot militer pada saat perang dunia kedua. Setelah perang selesai, dijadikan sebagai kantor pusat pelabuhan, karena lokasinya yang terletak di dekat pelabuhan. Setelah itu juga pernah dijadikan gudang pabean sampai akhirnya pemerintah kota Yokohama meminta izin untuk mengambil alih tempat tersebut. Perbaikan dilakukan di gedung tua tersebut dan sekarang Yokohama Red Brick Warehouse ini dijadikan sebagai shopping center dan restoran-restoran.

Letak Red Brick Warehouse ini tepat di tepi laut, sehingga bisa menjadi spot foto yang bagus atau buat yang sekedar ingin bersantai menikmati hembusan angin laut. Ada tersedia beberapa kursi taman juga buat duduk-duduk kalau udah capek jalan.

Di sini juga terdapat pelabuhan Yokohama Red Brick (Pier Aka Renga) dan terdapat cruise bagi kalian yang ingin mencobanya. Sebenarnya aku baru tahu info ada cruise setelah pulang dari Yokohama, jadi belum coba cruise-nya. Ada cruise yang hanya melayani transportasi laut dan ada yang bisa untuk lunch atau dinner cruise. Kali aja ada yang pengen coba, bisa cek di sini

  • Yokohama Milight “Luminous Town, shed light on the future”

Ini adalah salah satu event illumination yang diadakan dari tanggal ­14 November 2018 – 17 Februari 2019. Mulai pukul 16.00 – 23.00 lampu-lampu yang dipasang di pohon akan dinyalakan dari Grand Mall Park (Minato Mirai) hingga ke stasiun Yokohama. Di saat musim dingin biasanya banyak terdapat event-event illumination seperti ini. Menurut aku, Yokohama Milight “Luminous Town, shed light on the future” ini terlihat sangat bagus di daerah Grand Mall Park, tapi ketika mulai di tengah rute sampai akhir sudah tidak se-wah lampu-lampu di awal sih.

  • Cup Noodles Museum

Mungkin beberapa orang akan bingung dengan apa yang menarik dari sebuah museum mie gelas, begitu pula dengan aku saat pertama kali mendengar nama museum ini. Sebenarnya kemarin saat aku ke Yokohama aku tidak sempat mengunjungi museum ini, tapi karena kemarin ngelewatin museum ini jadi sekalian aku bahas sedikit ya.

© Kazuki Tsuchido

Menurut aku, salah satu kegiatan paling menarik di museum ini adalah kita bisa membuat cup noodles kita sendiri. Mulai dari cover cup noodles bisa kita gambar dan warnai sendiri. Selain itu, kita bisa memilih varian sup yang kita inginkan dari 4 varian yang tersedia (cupnoodles, kari, seafood, chili tomato) dan memilih 4 topping dari 12 varian yang tersedia (hiyoko-chan fish cake, garlic chip, kacang hijau, keju, crab-flavored fish cake, jagung, kimchi, udang, cubic roast pork, telur, daun bawang, heart-shaped fish cake. Setelah semuanya dimasukkan ke dalam cup, mie tersebut akan di-seal dan dibungkus. Untuk harganya adalah 300 yen/cup dan diberikan batasan waktu 45 menit untuk menyelesaikan cup noodles kita.

© Asia Trend

© Cup Noodles Museum

Itu beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi ketika kalian berada di Yokohama. Sebenarnya masih buanyaakk banget tempat wisata, seperti Chinatown, Yokohama Landmark Tower, Yokohama Hakkeijima Sea Paradise, Yamashita Park, dan lain-lain.

Selain itu kalian bisa juga cek event-event apa yang diadakan di Yokohama di sini. Di bulan Maret ada Minato Mirai 21 Sakura Festa (Cherry Blossom Festival) dari tanggal 23-31 Maret 2019. Jadi di daerah Minato Mirai terdapat “Sakura-dori”, jalan sepanjang 500 m dari stasiun JR Sakuragicho ke Yokohama Landmark Tower dan PACIFICO Yokohama. Di sini kalian bisa berjalan santai menikmati indahnya bunga sakura.

FYI, setelah kemarin ngobrol dengan teman aku, katanya di Yokohama ternyata ada sightseeing-bus loh, namanya City Loop Bus “Akai Kutsu”. Bus berwarna merah dengan gaya retro ini akan mengelilingi spot-spot wisata terkenal di Yokohama. Bus ini menawarkan 2 rute, yaitu rute C (good old Yokohama) dan rute M (new Yokohama). Buat kalian yang ingin berwisata di Yokohama sepertinya bus ini sangat bagus. Untuk info rute, harga tiket, dan keterangan lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Nemu toko yang jual kentang goreng enak di depan Queen’s Square
Garlic & Parmesan Fried Potatoes ¥350

Sekian cerita pendek dari perjalanan aku ke Yokohama, salah satu destinasi favorit aku. Semoga tulisan aku bisa bermanfaat buat yang ingin jalan-jalan ke Yokohama. See you!

2 thoughts on “Ada apa sih di Yokohama?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *