Halo semuanya, ide artikel kali ini aku dapat dari teman aku, katanya kebanyakan orang hanya menulis tempat wisata secara general, padahal tempat tersebut belum tentu bisa dikunjungi di setiap musim. Oleh karena itu berhubung di awal Juni Jepang sudah memasuki musim panas, sebagai edisi pertama, aku akan kasih tau tempat apa yang bisa dikunjungi di sekitaran Tokyo dan Kanagawa untuk Summer Trip.

Mt. Fuji Climbing
Taukah kalian bahwa aktivitas mendaki gunung tertinggi di Jepang ini hanya dapat dilakukan di musim panas? Pendakian Gunung Fuji hanya diizinkan untuk dilakukan dari awal Juli hingga akhir September. Di bulan lainnya atau di musim dingin, pendakian Gunung Fuji ini dilarang karena dinilai cukup berbahaya.

Pendakian Gunung Fuji di musim panas

Untuk kalian yang tidak ingin melakukan pendakian, kalian bisa mencoba untuk pergi ke Fuji Subaru Line 5th Station. Tempat ini merupakan pos ke-5 atau halfway point dari rute pendakian Yoshida. Station ini merupakan station paling popular karena dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum dan dibuka hampir sepanjang tahun (terkadang tutup sementara di musim dingin jika salju yang turun cukup lebat). Di sini kalian bisa menikmati pemandangan luar biasa dari Fuji Five Lakes. Selain itu terdapat juga beberapa restoran dan toko-toko. Station ini juga sering digunakan sebagai rute awal untuk pendakian Gunung Fuji. Untuk ke Subaru Line 5th Station, kalian bisa menggunakan bus dari stasiun Kawaguchiko dengan harga ¥1.540 untuk sekali jalan. Sebelumnya kami pernah menulis mengenai pendakian Gunung Fuji, bisa di-cek di sini.

Fuji Subaru Line 5th Station

Pikachu Outbreak 2019
Event tahunan ini merupakan salah satu event yang cukup popular bagi para penggemar Pokemon. Di event ini terdapat lebih dari 2.000 Pikachu akan muncul di Yokohama untuk melakukan berbagai pertunjukan. Untuk tahun ini jadwal Pikachu Outbreak sudah dirilis yaitu dimulai dari tanggal 6 – 12 Agustus 2019. Tahun ini Pikachu akan meramaikan area Minato Mirai di malam hari. Akan terdapat berbagai pertunjukan baru dengan menggunakan teknologi LED, air, dan lainnya.

Pikachu akan menggunakan kostum LED dan perform di Gran Mall Park yang terletak di depan Yokohama Museum of Art. Selain itu juga akan ada pertunjukan menari dengan air mancur raksasa di Yokohama Red Brick Warehouse (Akarenga Park). Sebanyak 50 Pikachu juga akan melakukan pertunjukan besar di Rinko Park. Pastikan kalian mengunjungi Yokohama jika main ke Jepang di bulan Agustus. Sebelumnya kami juga pernah membahas mengenai Pikachu Outbreak dua tahun lalu, bisa di-cek di sini.

Natsu Matsuri (Summer Festivals)
Seperti musim semi, di musim panas juga memiliki beberapa summer festival yang dapat kamu kunjungi selama di Jepang. Umumnya di festival musim panas ini akan terdapat banyak pedagang yang menjual beraneka ragam makanan tradisional (street food). Selain itu, kembang api juga menjadi salah satu penghias summer festival ini.

Photo by Luca Mascaro

1. Mitama Matsuri (Obon Festival)
Festival ini diadakan di kuil Yasukuni pada pertengahan bulan Juli, yaitu dari tanggal 13 – 16 Juli 2019. Di area kuil akan dihias dengan 30.000 buah lampion. Untuk acaranya akan dimulai pukul 6 sore setiap harinya.

2. Sumidagawa (Sumida River) Fireworks Festival
Festival kembang api ini akan diadakan pada tanggal 27 Juli 2019 mulai dari pukul 19.00 – 20.30. Lokasi pelepasan kembang api dibagi menjadi 2 tempat, yaitu di Sakurabashi Bridge dan Komagata Bridge dengan total tembakan kembang api sebanyak 20.000 tembakan. Berdasarkan Tokyo Cheapo, lokasi terbaik untuk menikmati kembang api adalah di Shioiri Park (600m dari Stasiun Minamisenju) atau di bagian Utara dari Oyokogawa Water Park dekat Tokyo Sky Tree dan Stasiun Azumabashi.

Photo by Sumidagawa Official Website

3. Marine Day Lantern Festival di Odaiba
Festival lampion ini diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Marine Day. Festival ini akan diadakan pada tanggal 14 – 15 Juli 2019 di Odaiba Beach Front Park. Pada tahun sebelumnya, dari siang para sukarelawan akan menyusun lampu lampion di pantai dan memasukkan lilin. Lilin-lilin tersebut akan dinyalakan ketika langit mulai gelap.

Mengunjungi pantai di Kamakura dan Enoshima
Kamakura dan Enoshima dapat ditempuh dari Tokyo dengan waktu sekitar 1-2 jam dengan menggunakan kereta. Kalian bisa membeli Enoshima-Kamakura pass dari Odakyu yang sudah termasuk tiket kereta PP Shinjuku-Enoshima dan unlimited ride kereta Enoden di Enoshima dan Kamakura. Untuk berenang di laut, kalian bisa mengunjungi pantai Katase Higashihama/Koshigoe, Katase Nishihama, dan Yuigahama/Zaimokuza (Kamakura).

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengunjungi pantai-pantai di Kamakura dan Enoshima:
– Pantai untuk berenang baru dibuka dari 1 Juli sampai 31 Agustus, begitu pula dengan tempat peristirahatan dan restoran di pantai
– Berenang di laut diizinkan dari jam 09.00 hingga 17.00 setiap harinya
– Petugas keamanan akan bertugas selama periode di atas
– Ada kemungkinan pengunjung tidak diizinkan untuk main di laut jika cuaca memburuk
– Tidak boleh BBQ di pantai
– Tidak boleh merokok
– Tidak boleh minum alkohol di pantai (kecuali di dalam restoran)

Translated and compiled from:
https://jw-webmagazine.com/best-summer-festivals-in-tokyo-2bf3bb26d437
https://www.japan-guide.com/e/e6922.html
http://www.yokohamajapan.com/events/detail.php?id=140
http://travelenoshima.jp/beach.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *