Buat yang lagi bingung cari spot jalan-jalan di sekitaran Tokyo, dan udah penat sama “City Life” nya Tokyo. Kalian bisa coba buat berekreasi ke Enoshima di Provinsi Kanagawa.  Biasanya orang main ke Tokyo hanya tau daerah Shinjuku dan Shibuya, sekali-kali boleh coba main ke tempat ini biar gak bosan. Bentuk geografisnya Enoshima tuh mirip kaya Pangandaran di Jawa Barat, bentuknya cuma dataran kecil yang menjorok ke laut, namun tempat ini gak kalah menarik sama tempat-tempat wisata lainnya.

Letak Pulau Enoshima

Di sini, ada banyak wisata yang bisa kalian kunjungi. Eitsss, tapi sebelum kesana kita bahas dulu gimana akses ke Enoshima dari pusat kota Tokyo.

Rute Akses

Akses ke Enoshima tuh gampang banget. Kalian tinggal pergi ke stasiun Shinjuku, dan cari Odakyu Line yang ke arah Katase-Enoshima, udah gitu tinggal tidur di kereta deh. Waktu tempuhnya juga masih dibilang oke untuk 1-day Trip, cuma sekitar 1.5 jam dan kalian udah sampai deh di stasiun Katase-Enoshima.

Jalur Kereta             : Odakyu Line (Shinjuku – Katase Enoshima) (Express)

Biaya Kereta            : 630 Yen (1-way)

Waktu Tempuh        : 90-100 Menit

Nah tips penting lainnya kalau kalian mau main dan pengen masuk ke tempat-tempat wisata di Enoshima, sangat saya sarankan untuk membeli Enoshima pass dulu di Shinjuku. Harganya hanya 1900 Yen, sudah termasuk biaya kereta dan biaya masuk ke seluruh tempat wisata di Enoshima.

FYI, rata-rata tiket masuk ke tempat wisata di sana aja sekitar 500 Yen, jadi kalau kalian masuk ke lebih dari 2 tempat aja sudah untung dengan membeli pass ini (tapi gak termasuk tiket masuk untuk Enoshima Aquarium ya).

Oke deh sekarang kita mulai bahas Enoshima nya.

Enoshima- Morning Trip

Jadi saya tiba di Katase-Enoshima Stasiun sekitar jam 11 siang, dan kebetulan kemarin itu pas lagi long weekend, jadi pengunjung di sana ramai banget.

Suasana di Pulau Enoshima
Ramainya suasana di Enoshima

Kalau berkunjung ke suatu tempat pasti ngincer makanan khasnya dong. Jadi makanan khas Enoshima tuh adalah Ikan Teri (Shirasu). Ikan teri di sini diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari topping nasi, mie, dan bahkan dijadikan es krim lho. Penasaran gak dengan rasa es krim Ikan Teri?

Es Krim Ikan Teri?

Pas awal coba es krim ini sih rasanya seperti es krim vanilla, manis-manis vanilla gitu, ternyata pas udah lama di mulut, rasanya berubah jadi asin dan ada potongan ikan terinya lho. Sejujurnya rasanya dibilang enak banget sih nggak, tapi worth to try!! Kapan lagi bisa nemu es krim rasa ikan teri kan, es krim ini namanya Shirasu Soft Cream dengan harga 400 Yen.

Enoshima – Lunch

Sesudah jalan-jalan sebentar perut sudah mulai lapar lagi, akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk mencoba masakan Korea di Enoshima. Kemarin lupa catat nama restonya, tapi untuk posisi resto ini terletak di sebelum jembatan ke Pulau Enoshima. Dan menurut saya restoran ini cukup recommended. Walau resto ini menyajikan masakan Korea, tapi karena ini Enoshima, ikan teri juga selalu dihidangkan. FYI untuk Lunch Set Korean Restaurant ini harganya di 1,400 yen.

Mienya mirip tekstur indomie, yang enak tuh shirasudon (Nasi dengan topping ikan Teri) Kurang nasi liwet dan sambel terasi aja sih ini.

Korean Lunch Set

Enoshima – Afternoon Island Trip

Cuaca kemarin tuh luar biasa pas banget, gak terlalu panas tapi juga gak dingin. Kami mulai jalan ke bagian atas pulau. Seperti yang saya bilang di awal di sini kita bisa keliling buat masuk ke tempat wisatanya. Tujuan utama kami ke sini adalah untuk mengunjungi Iwaya Cave yang terletak di ujung Enoshima.

Peta tempat wisata di Pulau Enoshima

Dari start sampai ke Iwaya Cave membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Tapi jangan takut bosan, karena sepanjang perjalanan terdapat banyak banget toko souvenir dan tempat bagus untuk foto-foto jadi perjalanan tidak akan terasa panjang. Dan di tengah perjalanan saya menemukan makanan khas Enoshima yang lain, yaitu Tako Senbei. Yang membedakan tako senbei di sini dengan tako senbei lainnya adalah guritanya di-press sampai penyet, sampe cuma satu lapis. Harga Tako Senbei ini adalah 400 yen.

Kami juga melewati spot wisata Enoshima lainnya, yaitu Cooking Samuel Garden yang di dalamnya terdapat Enoshima Sea Candle. Karena keterbatasan waktu, kami tidak masuk ke sana.

Cooking Samuel Garden

Gak lama berjalan dari sana akhirnya kami sampai di Iwaya Cave, biaya tiket masuk ke sini dikenai biaya sebesar 500 Yen. Cave di sini sudah tidak seperti Cave di game-game ato gua di Indonesia, di sini jalannya sudah dibangun dengan bagus sehingga gampang untuk berjalan di dalamnya.

Suasana di dalam Iwaya Cave

Di Iwaya Cave ini tertulis sejarah terbentuknya gua ini dan sejarah Enoshima juga. Kalo yang penasaran dan pengen tau, silahkan datang yah ^^ Setelah lewatin Cave, kita juga bakal disambut sama pemandangan pantai yang oke banget.

Patung Naga di dalam Iwaya Cave

Kalian juga bisa loncat ke batu-batunya dan berpose di sana. Lumayan buat post di instagram lol.

Pemandangan di luar Iwaya Cave
Spot untuk foto-foto di Pulau Enoshima
Ikutan foto kekinian dulu

Enoshima – Return Trip

Gak terasa waktu sudah sore, jadi kami memutuskan untuk kembali ke Tokyo, karena mulai terasa cape juga. Sebelum balik kita memutuskan untuk singgah sebentar di kedai sebelah pantai untuk beristirahat sebentar. Dan tanpa kami duga, di kedai ini kami bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari jendelanya. Jadi sambil menikmati Azuki Matcha Kakigori, sambil menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). Rasanya nyaman sekali. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, ditemani oleh sejuknya es serut dan indahnya sunset.

Azuki Matcha Kakigori
Suasana di dalam cafe yang nyaman

Enoshima – End of Trip

Benar-benar one day trip yang nyaman banget, Enoshima ini worth banget untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata lain di sini yang belum kami kunjungi juga, seperti Enoshima Aquarium, melihat Enoden, dan Sea Candle. Next saya akan kembali lagi ke Enoshima dengan Ocvi untuk Trip Part- 2, ditunggu ya ^^